Saturday, August 13, 2022

Prosedur Operasi Cedera Lutut ACL yang Perlu Diketahui

 

Cedera Lutut ACL

Anda tentu sudah pernah mendengar tentang cedera ACL, bukan? Ya, cedera lutut ACL adalah keadaan di mana adanya perenggangan yang berlebihan pada bagian ligamen ACL sehingga ligamen lutut tersebut menjadi robek atau bahkan putus. Umumnya, cedera ini terjadi pada orang-orang yang aktif dalam kegiatan olahraga. Meskipun demikian, tentu saja cedera ACL bisa terjadi pada orang umum. 


Ketika cedera ACL terjadi, umumnya akan muncul suara cukup keras pada bagian lutut. Suara tersebut menandakan terjadinya robekan pada ligamen. Selain itu, berikutnya akan muncul rasa sakit yang cukup parah sehingga seseorang yang mengalami cedera ini tidak bisa melanjutkan kegiatan.


Penyebab Cedera ACL

Sebelum membahas prosedur operasi cedera ACL, ada beberapa hal yang secara umum menjadi sebab masalah ini dan harus diketahui. Adapun beberapa penyebab dari masalah cedera ACL adalah sebagai berikut:


Gerakan yang secara tiba-tiba melambat dan berubah arah

Memutar badan dengan tumpuan kaki yang sangat kuat

Mendarat dari posisi tinggi dengan posisi kaki yang tidak tepat

Berhenti secara mendadak


Selain itu, cedera ACL juga bisa disebabkan oleh terjadinya benturan yang keras secara langsung. Dalam hal ini, beberapa penyebab bisa mengakibatkan cedera ACL dengan tingkat keparahan yang berbeda.


Prosedur Operasi Cedera ACL

Operasi menjadi solusi yang disarankan untuk menangani masalah cedera ACL karena secara efektif akan mengembalikan fungsi lutut. Ada beberapa prosedur yang akan dilakukan saat proses operasi cedera ACL tersebut. Beberapa prosedur yang dimaksud adalah:


1. Pertama, dokter akan memberikan anestesi secara umum pada area ligamen lutut pasien yang bermasalah

2. Jika anestesi bekerja, maka dokter akan membuat semacam lubang di dalam tulang kering lutut dan juga paha

3. Kemudian, dokter akan memasukkan cangkok jaringan melalui lubang yang sudah dibuat tersebut dengan cara ditarik menggunakan jarum yang berukuran cukup panjang

4. Apabila cangkok jaringan berhasil muncul pada lokasi di mana cedera ACL terjadi, maka dokter akan melakukan modifikasi jaringan berupa pengikatan, pembuatan lubang, pengapit dan juga baut untuk memastikan bahwa cangkok tersebut tertahan dengan baik

5. Terakhir, ACL yang baru sudah berhasil dibuat. Konstruksi baru ACL tersebut akan membatu pasien untuk menggunakan fungsi lutut seperti sebelumnya 


Bisa dikatakan bahwa prosedur operasi cedera ACL cukup rumit. Hal inilah yang membuat operasi ACL biaya cenderung cukup mahal.


Related Posts

Prosedur Operasi Cedera Lutut ACL yang Perlu Diketahui
4/ 5
Oleh